Visi dari SMA Negei 1 Monterado adalah :
”Terwujudnya Sekolah Yang Unggul dalam Prestasi dan berbudi pekerti luhur”
Indikator Visi :
- Unggul dalam perolehan tingkat kelulusan Ujian Nasional
- Unggul dalam persaingan melanjutkan ke jenjang pendidikan Perguruantinggi
- Unggul dalam kedisiplinan
- Unggul dalam aktivitas keagamaan (kebutuhan kerohanian)
- Unggul dalam prestasi keolahragaan (non akademik)
- Unggul dalam karya ilmiah remaja (Akademik)
MISI
Adapun misi dari SMA Negeri 1 Monterado adalah sebagai berikut.
- Mewujudkan sumber daya manusia yang unggul dan berbudi pekerti luhur.
- Meningkatkan Iman dan takwa sesuai dengan ajaran agama yang dianut.
- Mengembangkan minat, bakat dan kreatifitas peserta didik agar tumbuh dan berkembang sesuai dengan potensi yang dimiliki.
- Menjalin hubungan yang harmonis antara sekolah dengan wali peserta didik, masyarakat, instansi dan lembaga terkait dalam rangka pencapaian visi sekolah yang optimal.
- TUJUAN SEKOLAH
Tujuan Umum
Meningkatkan keunggulan potensi dan prestasi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Tujuan Khusus
- Mewujudkan mutu lulusan
- Bersikap sebagai orang beriman, berakhlak mulia, berilmu, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
- Berpengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural sebagai dukungan terhadap penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata.
- Berketerampilan berpikir dan bertindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret
- Merumuskan struktur kurikulum
Menyusun struktur kurikulum tingkat satuan pendidikan memuat kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan); materi pelajaran yang perlu siswa kuasai; penyebaran peta beban belajar siswa yang memungkinkan siswa dapat mengembangkan potensi diri dan prestasi secara optimal secara alamiah melalui proses pengalaman belajar yang efektif.
- Penyelenggaraan Pelayanan Belajar
Terselenggara pelayanan belajar yang efektif dengan dukungan sistem perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian yang terbarukan melalui kerja sama guru yang pembelajaran dengan indikator
- Seluruh guru menyusun RPP yang memenuhi kebutuhan siswa mengembangkan potensi dan prestasinya.
- Desain pembelajaran pada seluruh mata pelajaran sesuai koteks satuan pendidikan
- Memenuhi standar proses pembelajaran yang menerapkan pendekatan saintifik (menerapkan metode inkuiri, pemecahan masalah, dan proyek)
- Mendayagunakan sumber belajar yang beragam dengan memanfaatkan data yang terdekat, dari kongkrit sampai yang abstrak.
- Mendayagunakakan kerja sama intenal dan eksternal sekolah dengan melibatkan orang tua siswa secara bijak.
- Mengembangkan model penilaian yang mendorong siswa belajar dan bekompeten.
- Mengoptimalkan pendayagunaan waktu secara efektif dan efisien.
- Meningkatkan keunggulan siswa secara kolaboratif.
- Mengevaluasi perkembangan belajar secara berkala melalui pertemuan dewan guru.
- Mengembangkan inovasi pelayanan belajar sebagai tindaklanjut dari data hasil evaluasi.
Penilaian
Terselenggara penilaian autentik yang menunjang terpenuhinya tertib dokumen sistem informasi penilaian dan mendorong siswa berprestasi dengan meningkatkan efektivitas (a) perbaikan instrument yang mengukur ketercapaian indikator hasil belajar (b) pengelolaan buku nilai guru (c) pengelolaan sistem infomasi penilaian tingkat satuan pendidikan (d) leger (f) buku indik siswa, dan (g) rapot.